Selasa, 20 Desember 2011

PORSENI SMANSA BULUKUMBA 2011

Bulukumba-Porseni SMA Negeri 1 Bulukumba resmi dibuka hari Senin yang lalu oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Bulukumba. PORSENI ini di ikuti oleh seluruh siswa yang tercatat sebagai siswa SMAN 1 Bulukumba, yaitu mulai dari kelas XII - kelas X. PORSENI ini adalah salah satu event yang ditunggu tunggu oleh seluruh siswa SMANSA sebab selain sebagai ajang perlombaan untuk seluruh kelas di SMANSA Bulukumba untuk membuktikan kelas mana yang terbaik, juga dijadikan sebagai sarana silaturahmi dan refresing pasca ulangan semester.

Acara pembukaan saat itu selain dihadiri oleh Bapak Dinas Pendidikan, dihadiri pula oleh Bapak Andi Kurniadi selaku ketua komite SMAN 1 Bulukumba, Bapak Muh. Said, M.Si (Kepala SMAN 1 Bulukumba), guru-guru dan tentunya seluruh siswa SMAN 1 Bulukumba.

Senin pagi, PORSENI dimulai dengan arak-arakan piala dengan semua peserta berjalan beriringan menurut kelas masing-masing. Arak-arak tahun ini ternyata dimasukkan sebagai salah satu lomba oleh panitia pelaksana, sehingga semua peserta berlomba-lomba menjadi kontingen terbaik. Kriteria penilaian untuk lomba ini adalah banyaknya peserta, kemeriahan kontingen, kekompakan dan tentu saja kontingen dengan bendera kontingen terbaik.

Setelah peserta memasuki kampus SMANSA Bulukumba, tiap kontingen kelas berbaris memenuhi lapangan upacara. Saat Bapak Kepala Dinas datang langsung disambut oleh teater yang disuguhkan oleh OSIS SMANSA Bulukumba, teater ini disambut dengan meriah oleh seluruh peserta dan juga tamu undangan serta guru-guru. Kemudian, dilanjutkan dengan upacara pembukaan. Dalam upacara pembukaan, terdapat penyerahan piala porseni yang akan diperebutkan kembali dan pembacaan janji atlet dan janji wasit.

Ternyata, ada peristiwa unik dalam pembukaan PORSENI tahun ini. Awalnya panpel berencana untuk membuka PORSENI dengan menerbangkan balon ke udara, sayangnya balon yang dimaksud saat itu tidak dapat terbang ke udara. Maka, dengan ide dari Bapak H. Muh. Said (guru Bhs. Inggris) agar penerbangan balon diganti dengan penusukan balon. Setelah Bapak Kelapa Dinas menyatakan untuk membuka PORSENI, beliau lalu turun dari mimbar upacara dan memecahkan balon yang digantung pada tiang upacara.  

Dalam PORSENI tahun ini, cabang-cabang lomba yang dipertandingkan adalah untuk bidang olahraga ada : sepak takraw; futsal; bola volly; bola basket; tenis lapangan; tenis meja; catur; lari marathon; lompat tinggi; dan lompat jauh. Dalam bidang akademik ada : Cerdas Cermat Bela Negara; Cerdas Cermat Keagamaan; Speach Contest; Debat Bhs. Inggris; Puisi; Mading; desain baju dan pin; dll. Ada juga untuk olahraga gembira yaitu dapur ria, bakiak dan balap karung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar